Perbedaan Syntax Error dan Runtime Error

Perbedaan Syntax Error dan Runtime Error
Hasil gambar untuk error
Error adalah Istilah untuk menunjukkan bahwa terdapat suatu penyimpangan dalam software atau kerusakan hardware.

Ø   Syntax Error
Syntax Error biasanya terjadi karena kesalahan penulisan. Mungkin kekurangan sebuah perintah di Java atau lupa untuk menulis tanda titik koma pada akhir pernyataan. Java mencoba untuk megisolasi error tersebut dengan cara menunjukkan baris dari kode dan terlebih dahulu karakter yang salah dalam baris tersebut. Bagaimanapun juga, error belum tentu berada pada titik yang ditunjuk.
Kesalahan umum lainnya adalah dalam kapitalisasi, ejaan, penggunaan dari karakter khusus yang tidak benar, dan penghilangan dari pemberian tanda baca yang sebenarnya. Mari kita mengambil contoh pada program HelloSMK.java, dimana dengan sengaja kita menghilangkan titik koma pada akhir pernyataan dan juga mencoba untuk mengetikkan ejaan yang salah pada sebuah perintah.
Lihatlah pesan error yang ditampilkan setelah peng-compile-an program dilanjutkan. Pesan error yang pertama memberitahu bahwa di program dijalankan. Pada error yang pertama memberitahu bahwa di program terdapat error pada baris 6. Hal itu menunjuk pada kata setelah static, dimana seharusnya dieja sebagai static. Pada error yang kedua memberitahukan bahwa pada program tersebut kehilangan titik-koma setelah pernyataan. 

Ø   Runtime Error

Sebuah program yang berhasil dikompile belum tentu berhasil di jalankan. Inilah yang dinamakan Run time error, kesalahan ini tidak akan ditampilkan sampai kita menjalankan program tersebut. Hal ini bisa saja terjadi misalnya dikarenakan struktur yang di buat programmer tidak jelas atau mungkin tidak logis.  

Jika ada yang ingin di pertanyakan silahkan kirim di kolom komentar di bawah ini . 
Terima Kasih

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penggolongan Komputer Berdasarkan Kemampuan Pengolahan Data dan Jenis Data Yang Diolah

Macam Macam Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Besrta Pengertiannya