Penggolongan Komputer Berdasarkan Kemampuan Pengolahan Data dan Jenis Data Yang Diolah


Hasil gambar untuk komputer
Komputer pertama kali diciptakan oleh manusia yaitu untuk membantu pekerjaan manusia yang berhubungan dengan perhitungan serta sebagai media penyimpanan data atau file. Namun dengan seiring perkembangan teknologi, komputer semakin dibutuhkan oleh manusia karena bentuk dan kecepatannya yang luar biasa. Komputer dapat digolongkan menurut fisik dan sistem operasinya.
1. Penggolongan komputer berdasarkan kemampuan    pengolahan data dan bentuk fisiknya, antara lain sebagai    berikut:
A. Mainframe Mainframe merupakan komputer yang memiliki ribuan unit prosesor sehingga kemampuannya sangat besar dan berukuran besar. Mainframe yang memiliki kekuatan pemrosesan paling kuat dinamakan superkomputer, mampu melakukan banyak komputasi yang rumit yang memerlukan waktu lama dan umumnya digunakan dalam riset para ilmuwan, untuk pemprosesan data perusahaan atau untuk keperluan militer.
 b. Minicomputer Minicomputer merupakan komputer yang ukurannya lebih kecil dibandingkan mainframe. Minicomputer ditujukan untuk perusahaan yang cukup besar. Minicomputer umumnya digunakan sebagai antar muka antara mainframe dan jaringan komputer.
c. Microcomputer Microcomputer atau Personal Computer adalah komputer yang berukuran relatif kecil dan ditujukan untuk satu pemakai (single user). Dengan menghubungkan PC yang satu dengan PC yang lainnya dapat membentuk jaringan. Personal computer terdiri dari monitor, keyboard, mouse, dan CPU (Central Processing Unit). PC dapat berbentuk tower atau desktop. Tower merupakan komputer yang memiliki casing di-letakkan dengan posisi berdiri. Sedangkan desktop merupakan komputer yang memiliki casing diletakkan dengan posisi tidur.
d. Komputer Portabel Komputer portabel adalah komputer yang berukuran lebih kecil daripada PC sehingga mudah dibawa dan dipindahkan. Perkembangan terbaru memungkinkan komputer yang seukuran telapak tangan seperti:
Desknote adalah komputer dengan bentuk gabungan antara desktop dan notebook sehingga memiliki kemampuan desktop tetapi berbentuk seperti notebook. Notebook adalah komputer yang berukuran sebesar buku catatan.
Netbook adalah komputer yang memiliki ukuran di antara komputer notebook dan palmtop.
Palmtop adalah komputer yang dapat digenggam karena ukurannya yang sangat kecil (sebesar telapak tangan).
2. Penggolongan komputer berdasarkan jenis data yang diolah, adalah sebagai berikut :
a. Komputer analog
Komputer analog digunakan untuk mengolah data kualitatif  yang berdasarkan input dari keadaan lingkungan yang nyata, bekerja secara kontinu dan parallel.
b. Komputer digital
 Komputer digital digunakan untuk mengolah data kuantitatif, yaitu angka, huruf, kombinasi huruf dan angka, serta karakter- karakter khusus berdasarkan input dari pulsa elektronik.
c. Komputer hibrid
Komputer hibrid merupakan kombinasi antara komputer analog dan digital.
Cukup disini artikel kami kali ini mudah mudahan bisa bermanfaat bagi kita semua Amin. Jika ada yang ditanyakan silahkan tulis di kolom komentar. Terima Kasih

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan Syntax Error dan Runtime Error

Macam Macam Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Besrta Pengertiannya